Rabu, 18 November 2009

KUE PAI KURMA


KUE PAI KURMA

Bahan Kulit:

* 500 g tepung terigu protein sedang/cap segi tiga
* 300 g margarin
* 100 g gula halus
* 450 ml susu tawar cair
* 1 sdt bubuk agar-agar putih
* 4 butir kuning telur
* 1 sdm susu bubuk
* 2 sdm air es
* 1/2 sdt garam halus
* Bahan Isi:
* 2 sdm tepung maizena
* 100 g gula pasir
* 200 g kurma, haluskan
* 1/4 sdt garam halus


Cara Membuat:

1. Kulit: Campur tepung terigu, susu bubuk, margarin, gula halus, kuning telur, air es dan garam. Aduk bahan kulit dengan garpu atau menggunakan dua buah pisau hingga terbentuk butiran-butiran halus. Giling adonan setebal 1/2 cm.
2. Siapkan cetakan pie beroles margarin. Masukkan adonan kulit yang sudah diukur sesuai besar cetakan. Tekan-tekan kulit pie hingga melekat sempurna. Rapikan bentuknya dan tusuk-tusuk dasarnya menggunakan garpu.
3. Oven kulit pie pada suhu 180 derajat celcius selama 30 menit atau hngga kulit matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, dinginkan. Keluarkan kulit pie dari cetakkan.
4. Isi: Larutkan tepung maizena, gula pasir, kurma, bubuk agar-agar dan garam ke dalam susu tawar cair, aduk rata. Didihkan sambil diaduk terus hingga matang dan mengental. Angkat, sisihkan.
5. Penyelesaian: Ambil kult pie, masukkan satu sendok makan adonan isi. Beri beberapa potong kurma di atasnya. Hidangkan.
6. Untuk 8-10 Buah


Tip:
Menusuk dasar adonan kulit dengan garpu bertujuan agar kulit tidak menggembung saat di oven. Isi bisa dimodifikasi sesuai selera. Misalnya kurma diganti labu kuning, cokelat blok atau durian dengan jumlah ukuran yang sama.

http://www.ligamakan.com/index.php?option=com_content&task=view&id=204&Itemid=28

Tidak ada komentar:

Posting Komentar