Minggu, 15 November 2009

TIRAMISU STRAWBERRY


TIRAMISU STRAWBERRY

Bahan A:

4 btr kuning telur
50 gr gula kastor
250 gr keju mascarphone
300 ml whipped cream
100 gr gula bubuk
½ sdt esence vanilli

Bahan B:

2 buah cokelat strawberry batangan, lelehkan dengan:
150 ml air hangat
1 sdm gula pasir
150 ml rhum (bila suka)
20 buah lady finger atau sponge cake cokelat 3 lembar ukuran 22×22×3cm

Hiasan:

Whipped cream, coklat bubuk secukupnya, dan buah strawberry

Cara membuat:

Kocok keju mascarphone, sisihkan. Kocok whipped krim dan gula bubuk hingga kental dan kaku. Simpan dalam kulkas agar tidak meleleh.

Kocok kuning telur, gula kastor, dan vanilli hingga kental, lalu lanjutkan mengocok di atas air mendidih (kocok tim) hingga telur hangat. Angkat, teruskan mengocok hingga telur kembali dingin. Matikan mixer.

Keluarkan whipped cream dari dalam kulkas. Masukkan keju mascarphone yang sudah dikocok, aduk rata (atau kocok dengan mixer speed 1), tuangkan pula kocokan kuning telur, aduk hingga rata benar.

Di wadah lain, campur gula, air kopi, dan rhum (optional), aduk rata, sisihkan.

Siapkan loyang bongkar pasang atau gelas saji, susun lady finger (atau cake coklat sesuai selera) di bagian dasar hingga rata, perciki dengan cairan kopi hingga lembab. Tuangkan adonan mascarphone, ratakan.

Susun lagi lady finger, seperti paling bawah tuang lagi dengan adonan mascarphone. Buat dua atau tiga susun paling atas, hias dengan whipped krim, lalu ayakkan coklat bubuk. Bekukan dalam kulkas selama 4 jam.
Catatan:

Pengocokan mascarpone hanya bertujuan untuk menghilangkan bongkahan-bungkahan kejunya saja, bukan untuk membuatnya mengembang.

Jika menggunakan keju mascarpone merk Puglia, keju sebaiknya tidak dikocok, karena keju mascarpone merk ini sangat rentan pecah. Langsung campurkan keju ke dalam whipped cream.

Selamat mencoba!

http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=54256:resep-tiramisu-strawberry&catid=67:kuliner&Itemid=99

Tidak ada komentar:

Posting Komentar